Rabu, 09 Mei 2018

Kapolres Ternate Menghadiri kegiatan sosialisasi 3 pilar (kantibmas, koramil dan lurah).

Polres Ternate - Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda S. IK, besama Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. M Naufal Yahya, M.Sc Eng, Sekda Kota Ternate DR. M Tauhid Soleman, M.SI, Kaban Kesbangpol Kota Ternate Abdullah Sadik, S.Ip, mewakili Dandim 1501/Ternate, Kapolsek Se-Kota Ternate, Danramil Kota Ternate, Bhabinsa Se-Kota Ternate, Bhabinkantibmas Se-Kota Ternate dan Lurah Se-Kota Ternate menghadiri kegiatan sosialisasi Tiga Pilar (Kamtibmas, Koramil dan Lurah) di aula Kantor Wali Kota Ternate. (Rabu,09/05/2018).

Pada kesempatan tersebut Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. M Naufal Yahya, M. Sc Eng mengucapkan terimah kasih kepada Pemerintah Kota Ternate yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti rapat koordinasi tiga Pilar, dan mengetuk hati semua yang ada pada kegiatan tersebut tentang tugas di lapangan.
Arahan Kapolda Malut untuk 3 pilar yaitu Bhabinkantibmas, Babinsa dan Lurah bahwa punya power yang penting serta perlu sinegritas antara 3 pilar ini. Dan memohon kepada Pemerintah Daerah untuk membenahi sampah yang ada di Kota Ternate, "jika kegiatan kita bersama ini berhasil maka akan di ikuti oleh daerah-daerah lain dan untuk sampah yang ada di laut akan saya kerahkan Polair dan meminta bantuan Lanal untuk membantu Pemerintah menanggani sampah yang ada di laut. " katanya.
Selanjutnya kata kapolda Malut perlu adanya perhatian dan sinegritas kita bersama dalam menanggani masalah ini.
"Di Daerah tempat saya tinggal begitu punya perhatian tentang masalah sampah dan kepedulian tentang masalah sampah, dengan Management sampah kita dapat memelihara sungai dan laut kita."
"Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan, saya mohon izin semoga apa yang saya sampaikan dapat diperhatikan." Tutup Kapolda Malut.

Arahan selanjutnya oleh Abdul Muis yang mewakili PU Balai Direktorat Air, menyampaikan bahwa untuk menangani air dari sungai yang ada di Kota Ternate sudah dibentuknya komunitas peduli sungai (KPS) yang ada di maluku utara, Abdul Muis juga sangat berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa yang ada di Kampung Makassar Timur yang sudah sama-sama melaksanakan kerja bakti di Kelurahan Kampung Makassar Timur. Abdul Muis juga mohon kepada Bapak-bapak yang terjun langsung ke masyarkat untuk di himbaukan jam-jam dalam pembuangan smpah, "saya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Maluku Utara dan terkhusus Pemkot Kota Ternate untuk membuat jaring sampah dan saya harap harus di bentuk tim pengelola jaring sampah." Katanya.
Harapanya mudah-mudahan apa yang akan kita bentuk ini dapat terlaksana dengan baik dan di kelola dengan baik dan bersinegritas bersama-sama untuk menangani sampah yang ada di kota ternate ini. Tutupnya

Pada kesempatan tersebut juga Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, S.iK menindak lanjuti arahan dan harapan Kapolda Maluku Utara, di mana seluruh peserta yang berada di dalam ruangan tersebut masih merasa cuek akan masalah sampah. Dari 77 Lurah yang ada di Kota Ternate hanya 15 Lurah yang hadir, dan dari hal ini bisa di lihat adanya ke tidak pedulian terhadap masalah sampah yang ada di Kota ternate.
"Kami TNI-POLRI tugasnya membantu dan mengajak agar masyarakat lebih perhatian atas masalah sampah." Katanya.
Selanjutnya Kata Kapolres Ternate tujuan dari Kapolda, Sekda dan yang lain yaitu agar sumber hayati yang ada bisa di perbaiki dari hilir ke hulu dan laut, Kapolres juga mengajak semua yang ada di ruangan tersebut untuk peduli dan perhatian atas masalah sampah, "kita buat pemberitahuan ke pasar-pasar, teminal dan tempat-tempat lain." Tambahnya.

Harapan Kapolres Ternate agar seluruh peserta Sosialisai untuk meniatkan dalam hati agar ini menjadi nilai ibadah. Mari kita dukung program Pemerintah yaitu Harmonis, Agamais dan Lingkungan yang bersih. Tutup kapolres.

Dan arahan yang terahir pada kegiatan Sosialisasi di sampaikan oleh Danramil Kota Ternate, menindak lanjuti perkataan Kapolda Maluku Utara dan Kapolres Ternate bahwa apa yang telah di sampaikan memang betul karena arahan Kapolda sama dengan program Kodam Pattimura. "Dapat kita lihat banyak masyarakat kita belum sadar atas masalah sampah, dimana kegiatan yang kami TNI-POLRI laksanakan di Kelurahan Kampung Makasar Timur yaitu Pantai lelong lebih banyak baju loreng dan coklat, sedangkan masyarakatnya hanya sebagian kecil. Dengan hal tersebut dapat di lihat bahwa kesadaran masyarakat sangat kurang, sedangkan Kami TNI-POLRI hanya membantu dan mengajak kepada seluruh elemen yang ada. " katanya.
Selanjutnya kata Dandramil tulang punggung kebersihan sebenarnya ada di tangan Pak Lurah sendiri untuk menghimbau bawahannya RT/RW dan masyarakat agar lebih peduli.
"Harapan saya agar seluruh Lurah se-Kota Ternate memperhatikan dan peduli atas masalah sampah agar Daerah kita ini menjadi Daerah yang bersih dan sejuk. Tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar